RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MI Sunan
Ampel
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Materi Pokok : Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
Kelas/Semester : IV/ II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Memahami peristiwa Isra’
Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
B.
Kompetensi Dasar
Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
C.
Indikator
1.
Menyebutkan hikmah dari Isra’
Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
2.
Membiasakan perilaku sholat lima
waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW.
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menyebutkan hikmah dari
Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Siswa dapat membiasakan perilaku sholat lima waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW.
E. Materi Ajar
Hikmah peristiwa Isra’ Mi’raj
Nabi Muhammad SAW.
F. Model Pembelajaran
·
Model :
Kooperatif Learning (Talking Stick)
·
Metode : ceramah, diskusi, Tanya jawab dan penugasan
G. Langkah-langkah
Kegiatan
No
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Metode
|
1.
|
10 menit
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam dan
menanyakan kabar siswa.
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa
bersama-sama dan dipimpin oleh salah satu siswa.
3.
Guru mengabsensi kehadiran siswa
4.
Guru memberikan instruksi kepada
siswa untuk berkonsentrasi penuh terhadap pembelajaran yang akan dilakukan,
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
5.
Guru memberikan apersepsi yaitu
mengajak siswa unuk melihat video dan bernyanyi bersama-sama dengan judul
“Sholat”.
|
Tanya jawab
|
2.
|
53 menit
|
Inti
|
Ø
Eksplorasi
1.
Siswa diminta untuk membaca
hikmah Isra’ Mi’raj yang ada pada buku paket.
2.
Kemudian siswa mendiskuikannya
bersama teman sebangku.
3.
Hasil diskusi dicatat di buku
tulis masing-masing siswa.
Ø
Elaborasi
1.
Guru menanyakan kesulitan apa
yang ditemui siswa saat berdiskusi.
2.
Siswa membacakan hasil
diskusinya secara bergiliran.
Ø
Konfirmasi
1.
Guru mencari tau sampai mana
tingkat pemahaman siswa. Semua siswa diminta untuk membuat satu pertanyaan di
kertas kecil dan di kumpulkan pada guru.
2.
Kemudian siswa diajak untuk
menyanyikan lagu islami, sembari memegang stick secara bergiliran.
3.
Ketika lagu berhenti stick juga
berhenti, dan siswa yang memegang stick tersebut mengambil satu pertanyaan
yang ada pada guru dan harus menjawabnya.
4.
Permainan ini diulang terus
menerus sampai dirasa cukup oleh guru.
|
Diskusi
Penugasan
Tanya Jawab
|
3.
|
7 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran pada hari ini.
2.
Guru memberikan penguatan dan
refleksi kepada siswa tentang materi yang dipelajari pada hari ini.
3.
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk
mengulang kembali materi yang telah diajarkannya di rumah dan memberikan tugas rumah
(PR).
4.
Siswa mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan “Alhamdulillah”
secara bersama-sama.
5.
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
Tanya jawab
|
H. Sumber/ Alat dan Bahan
Belajar
1. Sumber Belajar :
§ Buku
paket (Buku Sejarah Kebudayaan Islam untuk
Sekolah Dasar Kelas IV.
2. Alat dan Bahan :
§
Video,
Stick, Kertas kecil.
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menyebutkan hikmah dari
Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
·
Membiasakan perilaku
sholat lima waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan isra’ mi’raj Nabi
Muhammad SAW.
|
·
Tes tulis
·
Unjuk kerja (diskusi
kelompok)
·
Kartu penghubung
sholat siswa
|
· Setuju tidak setuju
·
Penilaian lisan.
· Penilaian
sikap (pengamatan perilaku).
· Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
-
|
Terlampir
Terlampir
Terlampir
|
Format Kriteria Penilaian
@ Tes Tulis (Latihan Soal)
·
Skor penilaian : nilai akhir = Jawaban benar x 20
@ Lembar Pengamatan Kegiatan Siswa (Diskusi)
No.
|
Nama
Siswa
|
Indikator
|
Jumlah
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
2
3
4
5
|
|||||||
Jumlah
|
|||||||
Persentasi
|
@ Keterangan
Indikator:
a)
Aktif berdiskusi dalam kelompok
b)
Bertanggung jawab dalam tugas yang diberikan.
c)
Aktif bertanya/memberi tanggapan
d)
Aktif menjawab/merespon pertanyaan
e) Mampu
menyelesaikan soal yang diberikan
@ Bobot
Penilaian Indikator
Tidak
pernah ada diberi skor 1
Kadang-kadang
ada diberi skor 2
Sering
ada diberi
skor 3
Selalu ada diberi skor 4
@ Kartu
Penghubung Sholat Siswa
Nama :
No Absen :
Waktu
Sholat
|
Oktober
|
||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||||||||||||||||||||
m
|
s
|
s
|
r
|
k
|
j
|
s
|
m
|
s
|
s
|
r
|
k
|
j
|
s
|
m
|
s
|
s
|
r
|
k
|
j
|
s
|
m
|
s
|
s
|
r
|
k
|
j
|
s
|
||
Subuh
|
x
|
x
|
-
|
||||||||||||||||||||||||||
Dzuhur
|
x
|
x
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||
Ashar
|
x
|
x
|
-
|
||||||||||||||||||||||||||
Maghrib
|
x
|
-
|
-
|
||||||||||||||||||||||||||
Isha’
|
x
|
-
|
-
|
||||||||||||||||||||||||||
Ttd Guru
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Ttd Orang tua
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performance
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
@ Prosedur Penilaian
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Surabaya
20 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SKI.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Lampiran 1 (PR)
Soal
Tanggapilah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memberi tanda ceklis pada kolom dibawah
ini sesuai dengan keyakinanmu !
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
Alasan
|
||
Setuju
|
Tidak Setuju
|
Tidak Tahu
|
|||
1.
|
Aku mempercayai bahwa
Nabi Muhammad Saw. telah melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.
|
||||
2.
|
Umat Nabi Muhammad Saw. mendapatkan keringanan dari Allah Swt.
dalam melaksanakan ibadah salat, yang semula 50 kali menjadi 5 waktu.
|
||||
3.
|
Dalam perjalanan Isra’ Mi’raj digambarkan
seorang wanita yang memegang teguh keimanannya hingga seluruh keluarganya
menjadi korban mendapatkan tempat mulia disisi Allah Swt.
|
||||
4.
|
Pahala bagi orang yang
berjuang dalam membela agama Allah adalah amal mereka
dilipatkan gandaakan sampai 700 kali.
|
||||
5.
|
Nabi Muhammad Saw. selalu memberikan contoh yang baik,
membangun kepribadian umat, tegas dalam hal aqidah, dan penuh kasih sayang
pada semua umat, walaupun bukan umat islam.
|
`
Hikmah Isra’ Mi’raj
Nabi Muhammad SAW
Tahukah
kamu, apa saja hikmah dari peristiwa isra’ mi’raj ? Ada beberapa hikmah yang dapat dijadikan
pelajaran dan nasihat dalam kehidupan sehari-hari dari peristiwa isra’ mi’raj
Nabi Muhammad Saw., diantaranya adalah:
1.
Kita harus meyakini bahwa apapun yang Allah
Swt. kehendaki bisa terjadi, karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Oleh
karena itu manusia tidak boleh sombong, seperti yang dicontohkan oleh Nabi
Muhammad Saw. walaupun seorang pemimpin, Nabi tidak sombong.
2.
Kita wajib taat
kepada Allah dan Rasul-Nya. Ketaatan kita harus dibuktikan dengan
ibadah. Ibadah yang utama dalam Islam adalah menegakkan salat. Perintah salat diterima
langsung oleh Nabi Muhammad Saw. dari Allah Swt. pada peristiwa Isra’ Mi’raj
3.
Kita harus mencintai dan bangga kepada Nabi
Muhammad Saw. karena bukan hanya Nabi-nya Umat Islam, tetapi beliau juga
pemimpin umat seluruh dunia. Isra’nya
Nabi yang dimulai dari Kota Mekah menuju Yerusalem membuktikan bahwa Nabi
dicintai oleh bangsa yang bukan orang Arab saja, tapi juga sampai diluar Arab.
Wilayah yang pada waktu itu merupakan pusat kekuasaan Yahudi dan Nasrani-pun
tetap menerima dan menghormati Nabi Muhammad Saw.
4.
Kita harus membuktikan
bahwa besarnya Islam bukan karena kekuasaan, tetapi karena dakwah yang
disampaikan dengan hikmah penuh kelembutan, kasih sayang dan dengan suri
tauladan.
Nabi Muhammad Saw. ketika berdakwah selalu
memberi contoh yang baik, membangun kepribadian umat, tegas dalam hal Aqidah,
dan penuh kasih sayang pada semua umat, walaupun bukan Umat Islam.
0 komentar:
Posting Komentar